Minggu, 13 November 2016

Pelatihan Penanaman Holtikultura di Desa Sorinomo

Pelatihan Tata Cara Penanaman Tanaman Holtikultura di Desa Sorinomo.

Pelatihan ini berlangsung dari 16-23 maret 2016. Diselenggarakan di balai desa Sorinomo kecamatan pekat kabupaten dompu, Nusa Tenggara Barat.

Materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi dasar-dasar hortikultura, pupuk dan pemupukan, perbanyakan generatif dan vegetatif, pengendalian hama,  serta pemasaran.

Pemandu dan pemateri pelatihan berasal dari berbagai pihak. Dari tim superbuah, tim trainer Balai Latihan Kerja dan Transmigrasi, dan juga dari Dinas Pertanian Kabupaten Dompu.

Diikuti oleh 30 peserta dari seluruh dusun di desa Sorinomo.  Pelatihan ini berjalan cukup menggembirakan. Beberpa hal yang baru dalam budidaya pertanian menjadi daya tarik sendiri. Terutama dalan hal teknik perbanyakan tanaman. Mulai dari stek, okulasi, sambung sisip, sambung pucuk, sambung susu, cangkok, cangkok susu, dan top working. Serta pengembangan teknik lainnya.

Juga soal pengolahan lahan, pupuk dan pemupukan, sera pengendalian hama terpadu. Lebih dari itu spirit petani entrepreneur juga ditanamkan. Bukan sekedar menanam, tapj juga mampu menjadi pribadi yang kreatif dalan menjalankan usaha pertanian, dan juga soal lingkungan hidup. Nilai-nilai konservasi lingkungan hidup sering pula diselipkan. Agar tidak sekedar produksi, melainkan juga melestarikan

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan




 

 

 

 

 

 



sumber: https://superbuah.wordpress.com/
Comments
1 Comments

1 komentar :